Home / Teropong / Prediksi Gempa Besar di Sulawesi

Prediksi Gempa Besar di Sulawesi

Tanggal 31 Mei 2017, kompas pernah memuat artikel berisikan perkiraan ahli akan terjadinya gempa bumi berkekuatan besar yang dapat menghantam Sulawesi.

Peneliti gempa dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Mudrik Rahmawan Daryono dalam disertasinya tentang ”Paleoseismologi Tropis Indonesia” (2016) menyebut, Sesar Palolo Graben ini memanjang 70 km dan membentuk lembah Palolo dan lembah Sopu. Sesar itu di barat laut berpotongan dengan Sesar Palu-Koro, sedangkan di batas tenggara menghilang di Lembah Napu. Gempa sebelumnya terjadi di sesar ini pada 1977 berkekuatan M 5,1 dan tahun 2005 berkekuatan M 5,3. ”Dari panjang sesarnya, kekuatan maksimal gempa sekitar M 6,” ujarnya. Namun, yang lebih dikhawatirkan di Sulawesi Tengah bukan Sesar Palolo Graben, melainkan Sesar Palu-Koro, sesar darat terpanjang kedua di Indonesia setelah sesar besar Sumatera.

Sumber berita : https://kompas.id/baca/humaniora/ilmu-pengetahuan-teknologi/2017/05/31/waspadai-gempa-besar-di-sulawesi/

Dan

https://www.pressreader.com/indonesia/kompas/20170531/281547995847712

Hal ini sebetulnya secara filosofi mengindikasikan kepada kita semua betapa rapinya sistem kerja Allah dalam menurunkan sebuah musibah. Allah tidak sekonyong-konyong mendatangkan bencana tanpa sebuah proses yang secara sistemik telah dimulai. Tinggal waktunya saja kapan proses yang tengah terjadi itu mencapai titik puncaknya dan diledakkan.

Kita ini semuapun sama, seluruh apa yang terjadi dimayapada ini telah melalui proses alamiah panjang yang kadang banyak diantaranya terlewat diketahui maupun disadari manusia. Termasuklah didalamnya adalah kiamat.

Secara Qur’aniyah, kita sedang menuju kearahnya. Dan satu demi satu isyarat jaman yang disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW mengenai perilaku manusia yang ada dalam proses kiamat inipun sudah kita saksikan sekarang ini.

Mari terus kita tak henti-hentinya melakukan muhasabah diri dan berhenti dari kemaksiatan kita pada-Nya dan pada para juru dakwah-Nya. Hentikan kriminalisasi pada ulama serta ahli bait Rasul-Nya. Mudah-mudahan hal demikian setidaknya dapat memberi jeda agar kita tak menjadi penyebab turunnya marah-Nya atas bangsa ini.

Wallahua’lam.
Armansyah, M.Pd

Check Also

”Visi Presiden” Jokowi, Strategi Manipulasi Kampanye?

Akhirnya ketahuan juga apa penyebab Jokowi sebagai capres tak mau memaparkan visi misi yang difasilitasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.