Home / EKONOMI & BISNIS / ISEF hari kedua, IKM Jatim raih nilai transaksi Rp 3 miliar

ISEF hari kedua, IKM Jatim raih nilai transaksi Rp 3 miliar

Pada The 5th Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 di hari kedua digelar business matching yang mempertemukan UMKM di Jawa Timur dengan buyer dari Malaysia, Turkmenistan dan Kadin Sumatra Utara.

“Lebih dari 250 produk terlibat pada business matching kali ini. Produknya mereka sudah siap ekspor, baik secara kualitas maupun kuantitas,” ujar Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur saat ditemui awak media, Rabu, (12/12/2018)..

Business Matching yang berlangsung 1 jam tersebut berhasil nyatanya hasilkan kerjasama senilai Rp 3 milyar antara IKM Jawa Timur dengan Yusma Family Trading Malaysia.

“Ini bukti bahwa barang UMKM Jawa Timur takk kalah dengan daerah lain. Permasalahannya, hanya bagaimana mencari pasar yang sesuai, itu saja. Di sisi lain, masyarakat pun mulai menyadari kadar halal satu produk itu sangat penting. Tak hanya di Indonesia, di mancanegara pun juga berlaku. Untuk itu, halal value chain menjadi aspek penting untuk peningkatan kualitas produk ekspor Indonesia,” terang Difi.

Bank Indonesia kerja bareng LPPOM MUI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur menginisiasi program sertifikasi halal yang diberikan untuk 100 UMKM yang ada di Jawa Timur.@Rel-Licom

Check Also

Moody’s Ingatkan Dampak Negatif Jika Rupiah Terus Melemah

Jakarta – Lembaga pemeringkat Moody’s menyatakan kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih bisa mengatasi pelemahan rupiah. Namun jika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.