Home / WISATA / Danau Air Asin Semparong, Destinasi Wisata Unik yang Ditelantarkan

Danau Air Asin Semparong, Destinasi Wisata Unik yang Ditelantarkan

Keindahan danau air asin di tengah Pulau Sukun, belum dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata. Padahal, potensi wisata danau yang dikenal dengan Danau Air Asin Semparong, yang berada di pulau terluar wilayah kepulauan gugus pulau Teluk Maumere tersebut, sangat bagus.

Martinus Wodon pelaku wisata di kabupaten Sikka dan juga trainer pariwisata di Flores. Foto : Ebed de Rosary

“Danau air asin Semparong harusnya dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata yang bagus. Sayang sekali, hal itu tidak dilakukan pemerintah daerah dalam hal ini dinas pariwisata,” sebut Martinus Wodon, pelaku wisata di kota Maumere, Minggu (20/1/2019).

Martinus menyebut, saat berkunjung ke Pulau Sukun, dirinya kaget setelah pemandangan di danau tersebut. Danau air asin dan berada di tengah pulau, yang dikelilingi oleh laut tersebut, berpotensi menjadi sebuah destinasi yang unik. “Listrik pun tidak ada disana. Pelabuhan, air bersih serta akses jalan dan telekomunikasi pun, tidak ada. Kalau dijadikan sebagai sebuah tempat wisata tentunya semua fasilitas ini harus disediakan,” tandasnya.

Danau air asin adalah sebuah fenomena alam yang sangat jarang ditemui di dunia ini. Dan Kabupaten Sikka, memilikinya. Sebagai pelaku wisata, Martinus tidak habis pikir, kenapa destinasi wisata yang unik dan sangat bagus tersebut dibiarkan terlantar.

Tidak ada promosi sama sekali, mengenai destinasi wisata tersebut. “Membangun sektor pariwisata akan juga membuat sektor lainnya ikut bergerak. Membangun pariwisata sama dengan membangun semua lini kehidupan, sebab dengan pariwisata kita bisa membangun daerah dan membuka lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Selain keunikan danau Semparong, manager Sea Wolrd Club tersebut mengatakan, laut di sekeliling gugusan Pulau Sukun airnya sangat jernih dan bersih. Keberadaanya, berpotensi menjadi lokasi diving yang menyenangkan, terutama bagi wisatawan asing. “Tentunya pemerintah harus melakukan penataan lingkungan dan perumahan warga terutama soal kebersihan. Siapkan dermaga agar kapal bisa bersandar, dan tentunya harus ada home stay untuk wisatawan yang mau menginap,” tuturnya.

Kepala Desa Semparong, Darman, mengatakan, penduduk pulau tersebut berjumlah 1.088 jiwa dan beragama Islam. Penduduk pulau Sukun, berasal dari wilayah daratan Kabupaten Sikka, yakni dari Kecamatan Bola dan etnis Tana Ai di wilayah timur Kabupaten Sikka. “Penduduk pulau ini, yang merupakan satu desa, hampir semuanya hidup sebagai nelayan. Ikan hasil tangkapan dijual di TPI Alok, di pabrik ikan di Maumere atau dikeringkan dan dijual di Kota Maumere,” jelasnya.

Darman berharap, Pemkab Sikka, melalui dinas pariwisata, bisa membantu mengembangkan destinasi wisata danau Semparong. Dan untuk kebutuhan tersebut, segala fasilitas pendukung harus disiapkan. “Bila sektor pariwisata di pulau ini berkembang, maka semakin banyak orang yang datang ke pulau ini, dan tidak terisolir lagi. Masyarakat juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan selain dari menjual hasil laut,” pungkasnya.

Check Also

9 Tradisi di Indonesia Mulai Dari yang Unik Hingga Bikin Bergidik

Wilayah Indonesia yang begitu luas terdiri dari berbagai suku yang memiliki tradisi masing-masing. Tradisi ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.